14 September 2011

Indahnya Ramadhan di Kampung Orang

10 Agustus 2011


Marhaban yaa Ramadhan, Alhamdulilah bulan yang dinanti-nanti oleh setiap muslim diseluruh dunia akhirnya datang juga. Bulan penuh berkah yang menjadi rahmat terbesar bagi umat manusia khususnya bagi umat muslim yang taat kepada Tuhan-nya.



Ramadhan memang membawa banyak perubahan untuk ummat Islam, bukan hanya di Indonesia yang tidak lama lagi merayakan ulang tahun yang ke-64, tapi juga umat Islam di seluruh dunia. Masjid-masjid yang biasanya sepi, seperti disulap menjadi penuh bahkan sampai selasar & pelatarannya. Suara orang ber-taddarus pun menambah hidup suasana malam-malam di bulan Ramadhan.


Tidak seperti kebanyakan orang, ramadhan kali ini terasa sangat berbeda karena ini adalah ramadhan ketiga-ku sebagai seorang mahasiswa yang tidak tahu kapan lulus dan anak kost-an di Jogjakarta. Sudah 5 tahun ini aku tinggal di Jogjakarta.


Sebagai seorang mahasiswa perantauan, aku dituntut untuk mandiri alias serba sendiri. Meskipun jauh dari orang tua bukanlah hal baru bagiku. Namun tahun ini terasa sangat begitu berbeda dari sebelumnya. Keinginan untuk pulang ke rumah dan bersama keluarga sangat menggelora di dalam dadaku tapi semuanya harus ditunda karena janji kepada diriku sendiri. Tidak akan pulang sebelum wisuda kelak.


Aku memimpikan kebersamaan dan keceriaan ketika menanti saat berbuka bersama ayah-ibu serta adik-adikku dan saat-saat dimana aku bersama kawan-kawan. Jika saya tidak pulang kampung, saya biasanya ngabuburit bersama pacar sebelum berbuka menikmati indahnya Jogja di sore hari.


Namun sekarang, ketika pacar sedang dalam proses penyelesaian studi di Surabaya dan adzan magrib berkumandang aku biasanya duduk seorang diri di kamar kost dengan beberapa potong gorengan dan air putih atau mungkin sedang tertidur.


Tapi tak apa lah aku jauh dari keluarga, kampung, dan pacar. Karena semua itu demi cita-cita menuntut ilmu. But no matter coz i’m not alone, masih ada kawan-kawan seperjuangan disini yang rencanya akan aku ajak bacpaking ke Pulau Dewata. Bali, wait me!


Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Bagi yang tidak, selamat makan dan minum.


Dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Minal aidzin wal faidziin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar