24 Januari 2011

6 Tempat Eksotis Yang Ingin Saya Kunjungi

Pulau Bali
Bagi saya trip ke Bali adalah sebuah keharusan dan merupakan impian yang belum pernah terwujud setelah datang ke kota pelajar ini 4 tahun yang lalu. Sebenarnya sudah 2 kali saya berkeinginan kesana tapi tetap saja tidak pernah kesampaian.. Hhe..

Menurut saya Pulau Dewata memiliki taste yang unik. Teriknya panas matahari di pantai kuta, hiruk pikuk wisatawan yang lalu lalang di poppies lane, serta sudut-sudut kota yang berkarakter, seakan menunjukkan betapa kuatnya budaya yang mengakar di setiap sendi kehidupan masyarakatnya.

Beberapa lokasi tujuan wisata eksotis di pulau bali :   


Pantai Kuta


Pantai ini sebenarnya biasa saja, tapi karena disini terletak sebagian besar penginapan murah, serta pusat perbelanjaan menjadikan pantai Kuta sebagai pusat keramaian. Belum lagi dengan indahnya sunset yang sangat memanjakan mata kita.

Pura Uluwatu

Pada saat matahari terbenam tempat ini akan sangat mempesona ditambah lagi dengan suguhan tarian kecak. Tidak jarang tempat ini sering digunakan bagi mereka yang mengucapkan ikrar sehidup semati dalam ikatan perkawinan.


Pantai Dreamland

Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Laut di kawasan ini memiliki ombak yang besar dan tinggi sehingga sering digunakan para peselancar untuk menjajal kemampuannya. Menyaksikan sunset di tempat ini pasti akan sangat menawan.


Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana
 


Salah satu mahakarya anak negeri, I Nyoman Nuarta. Terletak diatas dataran tinggi batu kapur dengan latar belakang alami serta panorama yang sangat mengagumkan. Taman budaya ini sering dijadikan tempat pertunjukan atau perhelatan akbar. Pada malam hari sering diadakan tari Barong atau tari Kecak yang semakin menambah keagungan taman budaya ini.

Pantai Sanur

 Menikmati Sunrise dan udara pagi di tempat ini akan menambah rasa syukur kita atas indahnya panorama alam yang telah diberikan kepada kita.

Ubud


 Suasana tenang dan sejuk di tempat ini masih sangat kental dengan nuansa Bali-nya. Sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan oleh hijaunya sawah-sawah dengan subak-nya yang memukau. Monkey Forest terletak di tempat ini.



Raja Ampat Papua

Sebenarnya trip ke Papua ini adalah salah satu obsesi yang baru saja muncul di benak saya. Keindahan pantai serta gugusan pulau-pulau kecil yang kaya akan biota laut dan terumbu karang semakin membuat saya berdecak kagum ketika membacanya di majalah ataupun browsing dari internet.

Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong dan terletak di perairan “Kepala Burung” pulau Papua. Bagi pencinta wisata pesisir dan bawah air yang fanatik, Raja Ampat sangat dikenal bahkan dinilai terbaik di dunia untuk kualitas terumbu karangnya. Pulau dengan laut yang didominasi warna biru, hijau, dan putih ini semakin membuat mata para wisatawan dimanjakan. Warna-warna itu muncul karena pengaruh dari hamparan terumbu karang di dasar laut yang dangkal maupun dalam.

Papua Diving, satu-satunya resort eksotis yang menawarkan wisata bawah laut di kawasan ini. Penginapan sederhana yang hanya berdinding dan beratap anyaman daun kelapa itu bertarif minimal 75 euro atau Rp 900.000 semalam. Jika ingin menyelam harus membayar 30 euro atau sekitar Rp 360.000 sekali menyelam pada satu lokasi tertentu. Kebanyakan wisatawan datang dari Eropa.



Kepulauan Bangka-Belitung


Film Laskar Pelangi bukan hanya menyajikan cerita yang memesona, namun juga pesona Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi bagian setting kisah tersebut. Pantai yang berlokasi di Dusun Tanjung Tinggi, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, itu memiliki kekhasan yang tidak ditemukan di objek-objek wisata pantai lainnya. Masyarakat setempat menyebut pantai tersebut dengan nama Pantai Bilik.

Yang membedakan Pantai Tanjung Tinggi dengan pantai-pantai pada umumnya adalah batuan granit raksasa yang seakan menancap di pasir putih nan halus. Batu-batu permukaan licin itu tampak kukuh dan gagah.

Tidak hanya pemandangan yang eksotis, Pantai Tanjung Tinggi juga menyajikan atraksi lain. Antara lain, diving (menyelam) dengan pemandangan alam bawah laut yang masih ''perawan'' dan bahkan bahkan bisa di lihat dari atas permukaan air laut, jet ski, dan wisata atau olahraga bahari lainnya.

Perairan Pantai Tanjung Tinggi juga menyajikan pulau-pulau kecil dengan pesona wisata yang tidak kalah menariknya di antaranya adalah Tanjung Kelayang, Pulau Burung, dan Pulau Lengkuas. Di pulau terakhir itu masih berdiri kukuh mercusuar peninggalan zaman kolonial Belanda. Jika berkunjung pada bulan September, kita dapat menyaksikan atraksi budaya Buang Jong. Tradisi tahunan itu bermakna selamatan laut yang dilakukan nelayan setempat. Selain itu pemerintah Bangka juga saat ini mengadakan wisata Laskar Pelangi.

Memang pulau Bangka Belitung ini lebih terkenal dengan wisata pantainya yang indah. Itulah salah satu alasan mengapa saya ingin kesana.




Pulau Lombok 
Nuansa bening keindahan dan eksotisme pulau Lombok memang selalu mampir di pikiran saya untuk dikunjungi. Awal mula saya ingin ke pulau ini karena sering mendengar cerita dari teman-teman yang sudah pernah kesana ataupun tinggal disana, dan terkadang sering melihat dari beberapa foto di internet. Saya sangat penasaran dengan eksotisnya pantai-pantai di pulau ini sehingga saya pun berkeinginan untuk melakukan backpacker kesana satu waktu nanti.

Beberapa tujuan wisata menarik di Pulau Lombok : 
Pantai Tanjung Aan  
 


Gili Trawangan
 

Gunung Rinjani

Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, sampai mahasiswa pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus.




Pulau Karimun Jawa

Pulau ini terletak di ujung utara pulau Jawa, dengan kota Jepara sebagai starting point-nya. Terdapat beberapa lokasi yang sangat recommended untuk dikunjungi.

a. Tepi Pantai Karimun Jawa, menikmati sunset dan ditemani angin yang berhembus kencang serta segarnya kelapa muda.

b. Pulau Menjangan Kecil, merupakan kawasan hard coral yang membentang sekitar 800 meter dengan kedalaman 5 meter. Kawasan ini sangat cocok untuk menikmati indahnya pemandangan alam bawah laut kawasan Karimun Jawa.

c. Pulau Menjangan Besar, di kawasan ini terdapat penyu yang berusia 150 tahun dan hiu sirip coklat yang sangat bersahabat.

d. Tanjung Gelam, merupakan kawasan hard coral tempat ikan Nemo (clown fish) berkembang biak. Kawasan ini juga cocok untuk snorkling.

e. Dermaga Karimun Jawa, merupakan tempat yang unik menikmati sunset karena kita dapat menikmatinya dari atas-atas kapal nelayan.



Backpacker ke Buol
Untuk yang satu ini merupakan proyek jangka panjang setelah saya wisuda. nanti. Amienn.












Hemmm… ini beberapa daftar tempat yang ingin saya kunjungi yang ada di benak. List-list ini pun saya yakin akan bertambah. Karena Indonesia ini negara kepulauan yang sangat kaya keindahan alamnya. Membuat saya bangga tinggal di negeri Nusantara, Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar